Kesehatan

Mirip Pastel, Saltena yang Dimakan Dua Lipa Dikenal Makanan Kaki Lima

Dua Lipa jadi pembicaraan masyarakat Indonesia karena unggahan foto makanan mirip pastel di Instagram Story-nya. Banyak yang mengira bahwa penyanyi berkebangsaan Amerika itu sedang menikmati liburan di Indonesia karena foto hidangan tersebut.

Akan tetapi, makanan tersebut bukanlah pastel, melainkan saltena. Melansir laman The Spruce Eats, saltena atau nama lain dari saltenas de carne merupakan hidangan khas Bolivia. Juana Goritti adalah orang pertama yang menciptakan makanan ini pada awal abad ke-19 ketika mereka mengalami kesulitan. Dia memutuskan untuk mencari nafkah dengan membuat resep saltena.

Camilan ini termasuk dalam golongan empanada, roti isi atau pai yang dipanggang atau digoreng. Yang membedakan saltena dengan empanada lainnya yaitu kepangan yang terletak di atas. Saltena diproses dengan cara dipanggang dalam posisi tegak, bukan miring.

Menyerupai pastel, saltena juga populer sebagai camilan tengah hari yang dapat ditemukan melalui pedagang kaki lima. Walaupun kedua camilan ini memiliki bentuk yang sama, faktanya saltena benar-benar berbeda dengan pastel baik dari rasa maupun penyajian.

Saltena memiliki rasa yang sedikit manis. Adonan saltena terdiri dari tepung, lemak, air, dan gelatin. Kombinasi ini menghasilkan adonan lembut dengan rasa yang kuat. Isinya adalah campuran lezat dari ayam atau daging giling, jinten, zaitun, kentang, kismis, dan telur rebus. Ketika dihidangnkan, isi saltena biasanya dicampur dengan saus salsa Bolivia pedas yang disebut llajua.

Keunikan saltena tidak hanya itu. Menurut salah satu koki di Bolivia, Patrick Oropeza, cara makannya juga unik. Dia mengatakan, menumpahkan sedikit isi dari saltena adalah sebuah kesalahan. Ia membagikan cara makan saltena dengan benar yang dilansir dari Food Insider.

“Anda menggigit ujungnya cukup untuk membuat sedikit celah,” katanya. “Setelah ada sedikit celah, Anda dapat menuangkan llajua ke dalam, masukkan perlahan,” kata dia.

Foto yang diunggah Dua Lipa menampilan beberapa saltena yang disajikan dengan saus dalam mangkuk kecil dan hiasan jeruk nipis.

SITI HAJAR SUWARDI

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.