Tekno

Manfaat Software House di Tahun 2024

Semakin banyak pelaku bisnis yang mengadopsi penggunaan perangkat lunak untuk memfasilitasi operasi bisnis mereka. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengembangkannya karena membutuhkan pengetahuan khusus tentang teknologi, terutama dalam hal bahasa pemrograman yang beragam dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Selain itu, setiap aplikasi dibangun dengan teknologi yang berbeda, misalnya, teknologi yang digunakan dalam aplikasi e-commerce Amazon akan berbeda dengan yang digunakan dalam aplikasi e-commerce Tokopedia. Disinilah peran software house muncul untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan membantu perusahaan membuat aplikasi untuk mendukung proses bisnis.

Definisi Software

Software adalah kumpulan aplikasi sistem yang terdiri dari data dan perintah yang tersusun dalam baris kode bahasa pemrograman untuk menjalankan fungsi tertentu. Untuk menjalankan perangkat lunak, diperlukan platform seperti laptop, PC, dan perangkat seluler seperti Android & iOS. Perangkat lunak merujuk pada sistem yang ada dalam perangkat, seperti Microsoft Word, kalkulator, dan aplikasi e-commerce.

Jenis-jenis Software

Setelah memahami definisi software(perangkat lunak) kita akan memahami jenis-jenisnya dan manfaatnya dalam bisnis dan aktivitas sehari-hari, antara lain:

  1. Perangkat Lunak Aplikasi Perangkat lunak aplikasi adalah program yang paling umum digunakan pada komputer dan perangkat seluler seperti Android dan iOS. Mereka banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena membantu dalam berbagai kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Contoh aplikasi tersebut termasuk Microsoft Office yang membantu karyawan kantor dalam membuat dan mengedit dokumen, serta browser yang memudahkan pencarian informasi dan barang.
  2. Perangkat Lunak Sistem Perangkat lunak sistem adalah inti dari seluruh perangkat. Mereka mengatur berbagai aplikasi, sistem informasi, dan program agar berjalan dengan baik secara teratur. Sistem operasi adalah contoh umum dari perangkat lunak sistem yang berjalan pada laptop, PC, dan perangkat seluler seperti Android dan iOS.
  3. Perangkat Lunak Pengontrol (Driver) Perangkat lunak pengontrol, atau biasa disebut driver, mengontrol perangkat yang terhubung dengan komputer agar dapat berfungsi. Misalnya, driver printer memungkinkan printer berkomunikasi dengan komputer untuk mencetak dokumen. Setiap perangkat yang terhubung ke komputer memerlukan driver yang sesuai agar dapat digunakan.
  4. Perangkat Lunak Pemrograman Perangkat lunak pemrograman digunakan untuk menulis kode program dalam berbagai bahasa pemrograman seperti Laravel, Ruby, dan Kotlin. Selain menulis kode, perangkat lunak pemrograman juga digunakan untuk debugging dan Quality Control (QC) guna memastikan aplikasi bebas dari kesalahan.

Manfaat Menggunakan Layanan Pengembangan Aplikasi Perusahaan Software House

Menggandeng sebuah perusahaan software house dalam proses pengembangan aplikasi menawarkan serangkaian manfaat yang luas, yang dirancang untuk memastikan bahwa aplikasi yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kebutuhan klien, tetapi juga kompatibel dengan infrastruktur bisnis yang ada. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh:

  1. Penyelidikan Mendalam atas Kebutuhan Klien 

Dengan banyaknya pengalaman dalam mengembangkan berbagai aplikasi menggunakan berbagai bahasa pemrograman, perusahaan jasa buat software mampu untuk menggali dan memahami kebutuhan klien secara lebih mendalam. Melalui proses analisis kebutuhan yang terstruktur, klien memiliki kesempatan untuk menjelaskan tujuan mereka dan masalah yang dihadapi. Software house kemudian berperan sebagai analis yang mengusulkan solusi-solusi sistem yang sesuai, arsitektur aplikasi yang tepat, serta bahasa pemrograman yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Evaluasi Mendalam terhadap Infrastruktur yang Ada 

Selain memahami kebutuhan klien, perusahaan software house juga akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap infrastruktur sistem yang sedang berjalan di perusahaan klien. Hal ini penting untuk memastikan bahwa aplikasi yang dikembangkan nantinya dapat terintegrasi dengan lancar dengan sistem yang sudah ada, serta dapat beroperasi secara bersamaan untuk mendukung kelancaran bisnis.

  1. Desain Sistem yang Teliti dan Spesifikasi yang Tepat 

Dengan pengalaman yang luas dalam mengembangkan berbagai aplikasi terutama yang sejenis, software house dapat memberikan rekomendasi teknologi yang tepat, arsitektur sistem yang efisien, serta desain UI/UX yang menarik dan ramah pengguna. Selain itu, sistem yang dirancang juga akan menekankan pada keamanan dan kekokohan, sehingga dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan dengan nyaman oleh pengguna dalam jumlah yang banyak.

  1. Pemeliharaan yang Berkelanjutan 

Aplikasi yang dibangun oleh perusahaan software house mengikuti standar praktik pengembangan software yang sudah umum digunakan. Hal ini memudahkan proses pemeliharaan yang dapat dilakukan oleh karyawan IT perusahaan atau oleh vendor lain. Selain itu, kemampuan untuk meningkatkan dan memutakhirkan aplikasi juga menjadi lebih mudah, karena standar pemrograman yang digunakan telah dipahami oleh berbagai pihak pengembang. Dengan demikian, proses pemeliharaan dan peningkatan aplikasi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, tanpa harus tergantung pada vendor pengembang aplikasi yang asli.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Software House

Untuk menghasilkan perangkat lunak terbaik, diperlukan software house sebagai mitra pengembangan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih software house adalah:

  • Portofolio Proyek Evaluasi portofolio software house untuk melihat pengalaman mereka dalam mengembangkan perangkat lunak serupa. Keberhasilan sebelumnya dengan klien di bidang yang sama merupakan indikator tambahan untuk memastikan pemahaman yang baik terkait kebutuhan bisnis Anda.
  • Teknologi yang Digunakan Pastikan software house menggunakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, namun tetap terbuka untuk berkonsultasi tentang teknologi yang paling tepat dengan perkembangan terkini. Teknologi ini mencakup bahasa pemrograman, basis data, dan teknologi server.
  • Dukungan Purna Jual (After Sales Support) Pilih software house yang komitmen terhadap dukungan purna jual dengan memberikan jaminan bahwa aplikasi tidak memiliki kesalahan, perlindungan data, dan perlindungan dari serangan siber eksternal.
  • Lokasi Perhatikan lokasi software house untuk memastikan kemudahan komunikasi dan keterlibatan dalam pengembangan aplikasi. Hindari perbedaan zona waktu yang besar untuk menghindari kesulitan komunikasi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *