Gaya

Keluar Air Liur saat Tidur, Cek Penyebab dan Cara Mengatasi

Mengeluarkan air liur saat tidur dialami oleh banyak orang. Bekasnya pun terlihat jelas di bantal dan sering membuat malu.

Mengeluarkan air liur atau ngiler bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak hingga dewasa. Pada anak-anak, itu terjadi karena mereka tidak memiliki kontrol yang tepat atas mulut dan indera. Namun, jika ngiler terjadi pada orang dewasa, sesuatu pasti perlu dilakukan. Inilah penyebabnya dan apa yang dapat dilakukan untuk mengendalikannya, seperti dilansir dari Times of India.

Penyebab:-Produksi air liur berlebihAir liur penting karena memiliki banyak mineral dan dapat menyembuhkan luka. Tetapi ketika menderita infeksi, cedera, atau masalah medis apapun, tubuh cenderung memproduksi lebih banyak air liur, yang dapat menyebabkan ngences saat tidur.

Posisi tidur Beberapa orang tidur dengan mulut terbuka sambil tengkurap. Posisi tidur ini juga bisa menyebabkan ngiler.

Penyumbatan hidung Hidung tersumbat karena kedinginan bisa membuat sulit bernapas. Hal ini dapat menyebabkan air liur berlebihan dan mulut terbuka memberi jalan bagi air liur untuk menetes saat bernapas.

Cara untuk menghentikannya:Ubah posisi tidur Cara termudah untuk menghentikan ngiler adalah dengan mengubah posisi tidur. Alih-alih tidur tengkurap, cobalah tidur telentang. Dengan cara ini Anda akan dapat mengontrol mulut dan air liur tidak akan menetes ke wajah.

Pakai jeruk Jeruk membantu mengencerkan air liur dan secara efisien dapat mencegah air liur. Anda bisa minum air lemon atau makan buah jeruk lain sebelum tidur.

Menggunakan alat mulut Juga disebut perangkat mandibula, alat oral dipasang di mulut. Mekanismenya adalah menjaga lidah di tempat yang tepat untuk mencegah ngiler dan mendengkur. Anda dapat membelinya secara online atau mendapatkannya dari toko medis.

Cobalah terapi wicara Terapi wicara melatih otot lidah dan mulut uk tetap dalam posisi yang sempurna dan pikiran untuk menyatukan bibir. Tidak hanya itu, olahraga lain yang membantu mengontrol mulut juga bisa dilakukan.

Periksakan diri Terkadang, kondisi medis yang disebut sleep apnea juga bisa membuat ngiler saat tidur bersama gejala lain, seperti mendengkur dan sesak napas. Ini juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan, kantuk di siang hari, dan stres. Masalah ini tidak boleh diabaikan dan Anda harus memeriksakan diri. Sleep apnea adalah kondisi kesehatan yang serius, yang selanjutnya dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.