Kesehatan

Dari 6 Tipe Narsisis, Ahli Sarankan Salah Satunya Harus Dihindari

Istilah narsisis cukup sering dilontarkan dan sembarangan untuk menggambarkan tindakan yang mencerminkan kepentingan pribadi seseorang. Tetapi pada intinya, narsisme melampaui contoh situasional dari perhatian yang mendominasi, seperti, katakanlah, teman Anda memonopoli percakapan makan malam untuk membicarakan hubungan romantis mereka atau bos yang buruk atau tujuan latihan atau apa pun. Sebaliknya, narsisme adalah gangguan kepribadian yang dicirikan oleh perasaan penting diri seseorang yang holistik dan terus-menerus meningkat.

Sekeras mungkin untuk menghilangkan semua jenis narsisis dari hidup Anda, para ahli mengatakan bahwa hal itu dapat menjadi penting untuk pelestarian diri. “Sering kali, orang tidak percaya bahwa seseorang itu egois dan kurang empati,” kata terapis Lesli Doares, seperti dilansir dari laman Well and Good.

Sangat mudah untuk mengaitkan momen-momen itu sebagai “bukti” bahwa si narsisis benar-benar peduli, tambahnya, tetapi memperingatkan bahwa kesungguhan palsu yang sering bersifat manipulatif ini sepertinya tidak akan bertahan lama. Selain itu, mudah untuk melihat betapa sederhananya membiarkan seorang narsisis masuk ke dalam hidup Anda tanpa disadari—itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui tentang berbagai jenis narsisis, dan karakteristik mereka yang menentukan.

6 jenis narsisis

1. Si narsisis beracun

Ada berbagai narsisme beracun, dan tidak ada yang baik. Seorang narsisis beracun ”setidaknya terus-menerus menyebabkan drama dalam kehidupan orang lain dan paling buruk menyebabkan rasa sakit dan kehancuran”, kata psikolog klinis John Mayer.

Jadi, jika Anda kebetulan memiliki teman yang terus-menerus menuntut semua waktu dan perhatian Anda—dan tidak merespons dengan baik saat Anda tidak memenuhi tuntutan itu—Anda mungkin berurusan dengan seorang narsisis beracun. Demikian juga, jika seseorang dalam hidup Anda telah menyebabkan masalah yang lebih ekstrem, seperti membuat Anda dipecat dari pekerjaan Anda, melecehkan Anda secara fisik, atau menyebabkan berakhirnya suatu hubungan, mereka mungkin juga seorang narsisis yang beracun.

2. Narsisis psikopat

Psikopat adalah orang yang tidak stabil, agresif, dan sifat-sifat ini juga muncul pada psikopat narsisis. Seorang narsisis psikopat, yang merupakan jenis narsisis beracun, akan sering melakukan kekerasan dan tidak menunjukkan penyesalan atas perilaku mereka. “Pembunuh berantai sebagian besar merupakan narsisis jenis ini,” kata Dr. Mayer.

3. Narsisis tersembunyi

Seringkali lebih sulit dikenali daripada jenis narsisis lainnya, karena orang tersebut tidak selalu jelas tentang gangguan mereka, “seorang narsisis tersembunyi adalah orang yang tidak memaksakan kepribadian mereka pada orang lain atau masyarakat tetapi sangat percaya pada karakteristik narsisme,” kata Dr Mayer. Itu bisa berarti banyak hal, termasuk merasa berhak, terus-menerus membutuhkan orang lain untuk mengagumi mereka, sibuk dengan kesuksesan, cemburu pada orang lain, dan kurang empati terhadap orang lain.

“Mereka sedikit lebih kodependen,” kata psikoterapis Alisa Ruby Bash. “Mereka sering mencoba berpura-pura bahwa mereka benar-benar tidak mementingkan diri sendiri, tetapi suka mengasosiasikan diri dengan seseorang yang mereka kagumi.”

4. Narsisis ekshibisionis

Narsisis eksibisionis berada di ujung spektrum narsisme dari narsisis tersembunyi. “Ini adalah narsisis yang membuat semua orang di sekitar mereka tahu bahwa mereka narsis,” kata Dr. Mayer, menambahkan bahwa orang ini mengambil keuntungan dari orang lain dan sering angkuh dan sombong. Mereka juga terang-terangan tentang perilaku egois mereka. “Mereka perlu menjadi sorotan dan merasa tidak nyaman ketika tidak,” kata Dr. Bash.

5. Narsisis penganggu

Orang ini menggabungkan dua sifat yang mengerikan: intimidasi dan mementingkan diri sendiri. Narsisis pengganggu membangun diri mereka sendiri dengan menghancurkan orang lain, kata Dr. Mayer. Mereka sering terpaku pada kemenangan dan akan mengejek atau mengancam orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka pada akhirnya mendapatkan kebahagiaan karena membuat orang lain merasa buruk, kecil, atau tidak berharga. Ini berbeda dengan pelaku intimidasi “biasa” yang cenderung merendahkan orang demi keuntungan sosial, di mana seorang narsisis pelaku intimidasi melakukannya untuk motivasi pribadi.

6. Narsisis penggoda

Ini adalah tipe narsisis yang sangat rumit. Penggoda akan “membuat Anda merasa hebat tentang diri Anda hanya untuk ‘memenangkan’ Anda sebagai penaklukan seksual atau cinta,” kata Dr. Mayer. Mereka akan sering tampak mengagumi atau menjilat Anda, hanya untuk menghapus Anda begitu mereka tidak lagi berguna bagi Anda.

Jenis narsisis beracun sebenarnya berbahaya untuk berada di sekitar, inilah yang harus dihindari. “Orang narsisis jenis lain tidak akan berusaha keras untuk menyakiti seseorang—mereka hanya terobsesi dengan diri mereka sendiri,” Dr. Bash berkata, “Tetapi seorang narsisis yang beracun mungkin benar-benar menyakiti seseorang.”

Tentu saja, semua jenis narsisis mengarah pada luka, tetapi unsur niatlah yang membedakan. Untuk melindungi diri sendiri, perhatikan orang-orang di sekitar Anda. Tanyakan pada diri sendiri mana yang membuat Anda merasa baik dan apakah beberapa mungkin menjadi seorang narsisis yang layak dijauhi dari hidup Anda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.