Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Mental dengan Gaya Hidup Sehat

Hal yang harus disadari, ketika Anda mempunyai gangguan mental juga akan berdampak pada kesehatan fisik. Sama halnya ketika mengalami penyakit fisik, hal tersebut juga akan mempengaruhi mental Anda. Sehingga keduanya saling berhubungan dan tidak bisa untuk dipisahkan. Sehat badan dan juga sehat mental merupakan dua hal yang sama-sama perlu dijaga dengan baik untuk mempunyai hidup yang sehat rohani dan jasmani. Untuk cara menjaga kesehatan mental dan juga fisik bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Pola hidup yang sehat akan berpengaruh dengan mempunyai badan yang sehat dan mental terjaga, dengan penerapan gaya hidup sehat berikut ini:

  • Berpikir positif

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membuat lebih sehat jiwa dan raga adalah dengan mempunyai pikiran yang positif. Kesehatan mental berhubungan dengan pikiran dan juga emosional seseorang. Di mana salah satu hal yang dapat diterapkan untuk mempunyai kesehatan mental yang terjaga adalah dengan mempunyai pikiran yang positif. Contoh yang paling mudah dilakukan adalah dengan berkata yang baik pada diri sendiri. Hal tersebut bisa menjadi tambahan kekuatan dan akan lebih percaya diri. Berikan motivasi dan juga apresiasi pada diri sendiri agar bisa menjaga kesehatan mental Anda.

  • Aktif bergerak dan berolahraga

Cara menjaga kesehatan mental yang juga mempunyai dampak bagus pada kesehatan fisik adalah dengan aktif berolahraga. Dengan berolahraga mempunyai manfaat membuat tubuh yang bergerak dan melatih fisik. Sehingga hal tersebut akan memberikan kontribusi pada kesehatan mental dan juga fisik agar lebih sehat. Aktif bergerak dan juga olahraga juga membuat kimia di otak akan menjadi lebih positif. Oleh karena itulah bisa melakukan olahraga dengan rutin yang dilakukan setiap harinya setidaknya 30 menit. Anda juga bisa melakukan kegiatan yang bergerak dengan aktif seperti naik turun tangga, berjalan mengambil minum, berjalan ke kamar mandi, dan juga berbagai hal lainnya yang membuat Anda bergerak lebih banyak.

  • Mengonsumsi makanan yang sehat

Pola hidup selanjutnya yang bagus untuk diterapkan agar mempunyai kesehatan mental yang terjaga adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang juga berdampak pada kesehatan mental Anda. Seperti dengan mengonsumsi karbohidrat yang dapat untuk meningkatkan hormon sehingga mempunyai suasana hati lebih baik. Selain itu juga konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang dapat untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Serta makanan sehat lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik Anda.

  • Rehat

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan mengambil rehat. Anda bisa untuk rehat ketika merasa kapasitas otak dan juga tenaga yang dikeluarkan sudah terlalu banyak dan membebani diri. Sehingga hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengistirahatkan dengan rehat fisik dan mental. Cara yang biasanya dilakukan adalah dengan meditasi ataupun dengan melakukan latihan pernafasan. Untuk rehat ini bisa dengan melakukan memejamkan mata, menarik nafas dalam yang dilakukan berulang 10 kali.

  • Tidur yang cukup

Hal terakhir yang bisa dilakukan dengan gaya hidup yang sehat dan berpengaruh pada kesehatan mental adalah dengan tidur yang cukup. Pastikan untuk mempunyai tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya. Ketika mempunyai gangguan tidur seperti insomnia yang terjadi terus menerus akan membuat metabolisme tubuh menjadi buruk yang berdampak pada tubuh yang lebih mudah sakit. Selain itu kurang tidur juga berdampak pada kesehatan mental yang membuat lebih mudah dan tinggi mengalami depresi dan resiko gangguan mental lainnya. Oleh karena itulah sebaiknya atasi gangguan tidur yang dipunyai untuk lebih menjaga kesehatan mental Anda.

Di atas merupakan beberapa cara menjaga kesehatan mental yang dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup yang sehat. Seperti dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup, dan juga rajin berolahraga. Berbagai hal tersebut akan membantu untuk mempunyai kesehatan mental yang lebih baik sekaligus kesehatan fisik yang juga terjaga. Dengan menerapkan gaya hidup sehat di kehidupan sehari-hari bisa mempunyai dampak baik yang dirasakan baik secara mental dan juga fisik yang menjadi lebih sehat.

Sumber: https://ilovelife.co.id/blog/mind/

 

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *