Tips

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Bulanan Dan Bayar Online

Cek tagihan BPJS kesehatan merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan semua peserta / anggota asuransi kesehatan milik pemerintah.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan akses kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan merupakan bagian dari sistem jaminan sosial nasional yang diperkenalkan oleh pemerintah pada tahun 2014.

Salah satu tujuan utama BPJS Kesehatan adalah untuk mengurangi beban biaya kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya BPJS Kesehatan, masyarakat tidak perlu lagi khawatir akan biaya pengobatan yang mahal, karena biaya tersebut akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Kewajiban sebagai peserta asuransi ini ialah harus rajin setiap bulannya untuk cek tagihan BPJS dan bayar tagihannya setiap bulan. Ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan peserta untuk mengecek total tagihan BPJS kesehatan loh!

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dan Bayar Online Tanpa Aplikasi :

Untuk melihat total tagihan BPJS kesehatan dapat diakses melalui halaman SpeedCash (tanpa aplikasi) dan cukup mudah, hanya 4 langkah saja, berikut ini caranya :

  • Silahkan kunjungi halaman : https://member.speedcash.co.id/
  • Pilih menu BPJS kesehatan
  • Lalu kamu isikan nomor polis/ID pelanggan BPJS
  • Lalu isikan nomor handphone
  • Jika sudah lalu pilih bulan berapa yang ingin kamu lihat tagihannya
  • Dan langkah terakhir kamu klik “cek tagihan sekarang”

Apakah cek tagihan BPJS kesehatan hanya bisa dilakukan via website SpeedCash saja ? tentu tidak, kamu bisa lakukan cek tagihan BPJS dan membayar langsung via aplikasi juga.Berikut cara cek tagihan BPJS via aplikasi SpeedCash.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Aplikasi :

Kalau tadi merupakan cara cek tagihan BPJS kesehatan tanpa aplikasi SpeedCash, nah berikut merupakan Cek tagihan di Aplikasi SpeedCash :

  • Buka aplikasi SpeedCash (jika belum punya kamu bisa download di android maupun iphone)
  • Jika sudah lalu silahkan login dulu menggunakan nomor HP yang aktif
  • Lalu masuk ke halaman beranda aplikasi dan pilih menu BPJS
  • Isikan nomor polis/ID pelanggan BPJS mu
  • Masukkan nomor HP
  • Pilih bulan berapa yang ingin kamu lihat total tagihannya.
  • (optional dan disarankan) kamu bisa pilih aktifkan fitur auto payment untuk secara otomatis kamu bayar melalui aplikasi SpeedCash
  • Jika sudah kamu bisa klik Cek Tagihan Sekarang dan ikuti proses selanjutnya.

Denda Jika Telat bayar BPJS Kesehatan :

Denda yang dikenakan jika telat membayar iuran BPJS Kesehatan adalah sebesar 2% dari total iuran yang belum dibayar. Denda ini akan dikenakan setiap bulan hingga peserta membayar iuran yang belum dibayarkan. Denda ini bertujuan untuk mendorong peserta agar membayar iuran tepat waktu dan memastikan keberlanjutan program jaminan kesehatan ini.

Denda BPJS Kesehatan dihitung berdasarkan beberapa faktor, yaitu:

  1. Jumlah bulan tunggakan:

Maksimal 12 bulan.

Jika tunggakan lebih dari 12 bulan, denda dihitung berdasarkan 12 bulan saja.

  1. Biaya diagnosis awal pelayanan rawat inap di rumah sakit (RS):

Denda = 5% x Biaya diagnosis awal x Jumlah bulan tunggakan

  1. Batasan denda maksimal:

Rp 30 juta

Contoh:

Biaya diagnosis awal: Rp 1 juta

Jumlah bulan tunggakan: 5 bulan

Denda = 5% x Rp 1 juta x 5 bulan = Rp 250.000

Catatan:

Denda tidak berlaku jika peserta baru telat bayar 1 bulan. Jika peserta telat bayar lebih dari 1 bulan, kepesertaan akan dinonaktifkan. Peserta yang ingin mengaktifkan kembali kepesertaannya harus membayar tunggakan dan denda.

Cara Cek Denda BPJS Kesehatan:

BPJS Kesehatan juga memiliki aturan dan konsekuensi bagi pesertanya, termasuk denda jika terlambat membayar iuran.

  • Aplikasi Mobile JKN:
    1. Buka aplikasi Mobile JKN.
    2. Pilih menu “Pembayaran”.
    3. Pilih “Riwayat Transaksi”.
    4. Cari tagihan yang tertera “Denda”.
  • Website BPJS Kesehatan:
    1. Kunjungi website https://bpjs-kesehatan.go.id/.
    2. Pilih menu “Cek Iuran”.
    3. Masukkan nomor BPJS Kesehatan dan tanggal lahir.
    4. Klik “Cek”.
    5. Informasi denda akan tertera di halaman berikutnya.
  • Call Center BPJS Kesehatan:
    1. Hubungi 165 dari telepon rumah atau 08118750165 dari HP.
    2. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh operator.
    3. Tanyakan informasi denda kepada operator.
  • Kantor BPJS Kesehatan:
    1. Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.
    2. Bawa kartu BPJS Kesehatan dan KTP.
    3. Tanyakan informasi denda kepada petugas.

Tips:

  • Bayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu untuk menghindari denda.
  • Jika terlambat bayar, segera lunasi tunggakan dan dendanya agar kepesertaan tidak dinonaktifkan.

 

Manfaat Mendaftar BPJS Kesehatan :

 

Mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa manfaat utama mendaftar BPJS Kesehatan:

Akses Kesehatan yang Terjangkau: BPJS Kesehatan memberikan akses kesehatan yang terjangkau bagi pesertanya. Dengan membayar iuran bulanan yang relatif rendah, peserta dapat mengakses berbagai layanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan kesehatan dasar hingga perawatan intensif.

Perlindungan Finansial: BPJS Kesehatan memberikan perlindungan finansial bagi pesertanya. Dengan membayar iuran bulanan, peserta tidak perlu khawatir akan biaya pengobatan yang mahal, karena biaya tersebut akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas: BPJS Kesehatan bekerja sama dengan berbagai rumah sakit dan klinik yang telah terakreditasi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi pesertanya. Peserta dapat memilih rumah sakit atau klinik yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pelayanan Kesehatan yang Komprehensif: BPJS Kesehatan menawarkan berbagai jenis layanan kesehatan, mulai dari pelayanan kesehatan primer hingga pelayanan kesehatan lanjutan. Peserta dapat memilih layanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Program Kesehatan Tambahan: BPJS Kesehatan juga menawarkan program-program kesehatan tambahan, seperti program kesehatan ibu dan anak, program kesehatan lansia, dan program kesehatan bagi penyandang disabilitas.

Pelayanan Kesehatan Darurat: BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan kesehatan darurat bagi pesertanya. Peserta dapat mengakses pelayanan kesehatan darurat di berbagai rumah sakit dan klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Pelayanan Kesehatan Preventif: BPJS Kesehatan juga menawarkan pelayanan kesehatan preventif, seperti imunisasi dan pemeriksaan kesehatan berkala. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit dan memastikan kesehatan peserta.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan merupakan langkah yang bijak bagi masyarakat Indonesia. Dengan membayar iuran bulanan yang relatif rendah, peserta dapat mendapatkan akses kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, serta perlindungan finansial dari biaya pengobatan yang mahal.

 

Itulah tadi informasi mengenai cek iuran BPJS Kesehatan yang bisa kamu baca, semoga dengan adanya artikel ini memberikan manfaat bagi kamu yang belum tau cara bayar tagihan BPJS kesehatan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *