Gaya

Beragam Manfaat Tumbuhan Alang-Alang untuk Kesehatan

Alang-alang (Imperata Cylindrica) atau ilalang merupakan tumbuhan sejenis gulma yang biasa tumbuh liar di ladang, lapangan berumput, tepi jalan, atau persawahan. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur di tempat kering yang mendapat banyak sinar matahari.

Meski dianggap tumbuhan liar, alang-alang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Mengutip Buku Saku Tanaman Obat yang dikeluarkan Kementerian Pertanian, alang-alang bisa menjadi obat alternatif untuk membantu penyembuhan infeksi saluran kemih, kencing sedikit atau anyang-anyangan, mimisan, kencing darah, dan muntah darah.

Mengatasi infeksi saluran kemih dan anyang-anyangan.

Buatlah ramuan dari 6 gram rimpang alang-alang, 5 gram rimpang kunci pepet, dan 4 gram daun kumis kucing. Seduh semua bahan itu dengan air panas sebanyak 115 mililiter dan diminum 1 kali sehari

Mengatasi kencing darah atau muntah darah.

Buatlah ramuan dari 6 gram rimpang alang-alang, 6 gram daun sendok sehar, 2 helai daun andong segar, dan air panas 110 mililiter. Diminum dua kali sehari

Meredakan panas dalam

Alang-alang dapat dimanfaatkan untuk meredakan panas dalam. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengambil akar alang-alang secukupnya.

Mengutip Keputusan Menteri Kesehatan RI tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia, siapkan 40-70 gram akar alang-alang, cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi setengahnya. Minum selagi hangat.

M. RIZQI AKBAR

13 Tanaman Herbal yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.