Pendidikan

Beasiswa di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina merupakan salah satu universitas yang memiliki fokus kajian dalam bidang bisnis, energi serta energi terbarukan. Universitas ini berkomitmen dalam melakukan pengembangan sains serta teknologi melalui inovasi di bidang energi.

Bagi Anda yang rencana untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, maka Universitas Pertamina merupakan salah satu yang patut untuk dipertimbangkan. Di universitas tersebut terdapat banyak sekali beasiswa yang nantinya bisa Anda peroleh. Untuk lebih mengetahui apa saja beasiswa Pertamina yang ditawarkan, maka Anda perlu baca ulasan berikut ini hingga tuntas.

Apa Saja Beasiswa di Universitas Pertamina?

 

  • Beasiswa Unggulan Sekolah Nusantara Universitas Pertamina (SUN UP)

Untuk beasiswa yang pertama yaitu SUN UP, merupakan salah satu bentuk penghargaan dari Universitas Pertamina kepada siswa yang mempunyai prestasi akademik mengesankan selama sekolah di SMA ataupun sederajat, serta memiliki keinginan untuk melanjutkan di Universitas Pertamina. Beasiswa yang satu ini diberikan kepada mereka yang berasal dari sekolah

  • Beasiswa Tematik

Untuk jenis beasiswa selanjutnya yaitu beasiswa tematik, diberikan pada para calon mahasiswa baru Universitas Pertamina yang didasarkan atas program khusus dengan syarat serta ketentuan yang ditetapkan dalam keputusan rektor, seperti hari pahlawan, hari kemerdekaan, hari guru, hari ulang tahun Pertamina dan lain sebagainya.

  • Beasiswa Generasi Juara

Beasiswa generasi juara merupakan jenis beasiswa universitas yang diberikan pada siswa dan siswi yang mempunyai prestasi akademik ataupun non akademik yang begitu baik di sekolah mereka. Beasiswa ini dibuka untuk lulusan Sekolah Menengah Atas dan sederajat yang memiliki prestasi di tingkat provinsi, kabupaten atau Kota Nasional dan juga internasional di bidang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ataupun kompetisi mandiri lain.

  • Beasiswa Future Leaders

Untuk beasiswa yang selanjutnya ini akan diberikan pada siswa-siswi yang memiliki jiwa pemimpin beserta pengalaman organisasi selama menempuh proses pendidikan di sekolahnya. Seperti mereka yang menjadi sekretaris, ketua OSIS, bendahara tingkat sekolah, Kabupaten, provinsi maupun nasional.

Calon mahasiswa yang lulus di jenis beasiswa tersebut akan diberi kemampuan dalam menjadi pemimpin yang diharapkan dan memadai, serta mampu menjadi calon pemimpin, baik di dalam kampus maupun di luar kampus nantinya.

  • Beasiswa Ujung Negeri (BUN)

Beasiswa ujung negeri ini adalah komitmen universitas Pertamina dalam menyediakan pendidikan tingkat tinggi untuk lulusan Sekolah Menengah Atas dan juga sederajat yang mana berasal dari daerah tertinggal.

  • Beasiswa Karakter Unggulan

Contoh jenis beasiswa selanjutnya yaitu beasiswa karakter unggulan. Beasiswa ini diberikan pada siswa dan siswi yang memiliki identitas, kekhasan, pendidikan karakter, keunggulan dan hal-hal lain yang menjadi pembeda dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain.

  • Beasiswa Influencer

Beasiswa influencer merupakan beasiswa yang di khususkan bagi youtuber ataupun selebgram yang mempunyai akun media sosial dengan konten yang mendidik serta mempunyai subscriber maupun follower dengan jumlah minimal 30.000 pengikut. Benefit beasiswa tersebut yaitu 100% dibebaskan dari SPI.

Beasiswa APERTI BUMN

Untuk jenis beasiswa yang terakhir yaitu beasiswa aperti BUMN yang merupakan beasiswa diselenggarakan oleh aliansi perguruan tinggi BUMN. Aliansi tersebut terdiri atas Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Pertamina (UP), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) dan Poltek POS.

Program tersebut akan membuka kesempatan bagi 40 siswa lulusan SMA yang memiliki prestasi serta bisa melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi aperti BUMN.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.