Bisnis

Asal Usul Mandalika, Si Cantik Putri Raja Tonjang Beru

TEMPO.CO, Lombok -Balap seri terakhir kejuaraan dunia World Superbike atau WSBK resmi digelar di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit (Sirkuit Mandalika), Nusa Tenggara Barat pada 19 hingga 21 November mendatang.

Sirkuit Mandalika hari ini diresmikan Presiden Jokowi dengan cara menjajal lintasannya dengan menggunakan sepeda motor. Tahukah, nama sirkuit ini ternyata memiliki asal usul yang tak banyak diketahui.

Dari pelbagia sumber, nama Sirkuit Mandalika sebagai ajang WSBK diambil dari cerita lokal yang ada di Lombok.

Mandalika merupakan putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting.

Saat tumbuh dewasa, Mandalika menjadi gadis yang sangat cantik dan memesona. Kecantikannya ini pun tersebar dan membuat para pangeran dari berbagai kerajaan datang ke Lombok.

Namun hal tersebut membuat Mandalika gusar. Ia takut jika ia memilih maka akan ada perpecahan dan pertempuran di Sasak. Setelah berfikir panjang, akhirnya Mandalika memutuskan untuk mengundang seluruh pangeran dan rakyatnya untuk bertemu di Pantai Kuta Lombok, NTB.

Pertemuan ini dilakukan pada tanggal 20 bulan ke 10 menurut perhitungan bulan Sasak tepat sebelum subuh. Undangan ini disambut dengan baik oleh para pangeran dan rakyatnya.

Setelah semua pangeran berkumpul, akhirnya sang putri datang dengan diusung oleh para prajuritnya. Kemudian ia berhenti dan berdiri di sebuah batu di pinggir pantai. Setelah mengatakan niatnya untuk menerima seluruh pangeran, Mandalika loncat ke dalam laut.

Seluruh rakyat mencarinya ke dalam laut namun Mandalika tidak ditemukan. Sesaat setelah itu, muncul sekumpulan cacing berwarna warni yang menurut masyarakat dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.