Pendidikan

Alasan Masuk Pesantren di bandung

Bukan hanya pendidikan, faktor lingkungan juga menjadi salah satu penyebab buruknya karakter sebagian remaja di Indonesia. Mabuk-mabukan, memakai narkoba, seks diluar nikah seakan sudah menjadi biasa dikalangan mereka.

Peranan orang tua menjadi penting untuk menjauhkan anak dari lingkup pergaulan yang salah. Kasih sayang orang tua perlu diwujudkan dalam bentuk menjaga hubungan dengan anak dan juga melakukan pengawasan.

Namun, kesibukan terkadang melalaikan pengawasan para orang tua. Ini menjadi dilematis, disatu sisi orang tua harus bekerja untuk kehidupan keluarga. Disisi lain kadang anak terabaikan dan tidak diperhatikan dengan baik.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan opsi memasukan anak anda ke lingkungan pesantren. Rasanya pergaulan disana lebih terjaga karena ada guru-guru yang terus mengawasi siswa di asrama. 

Nah, untuk anda yang sedang bimbang terhadap masa depan anak. Berikut ini adalah alasan alasan kenapa anda harus masuk pesantren di bandung, khususnya di wilayah Bandung. berlokasi di Kabupaten Bandung, perbatasan dengan Kabupaten Sumedang, luas area 9 Ha, dengan guru-guru yang berkualitas, yang akan menghasilkan anak ber-IMTAQ dan IPTEK (beriman bertaqwa berilmu pengetahuan).

Mengapa Harus Masuk Pesantren di Bandung ?

  • Membuat Orang Tua Merasa Tenang dan Aman

Di pondok pesantren, setidaknya anak akan berada di lingkungan yang lebih baik daripada lingkungan non-pesantren. Anak tidak akan bisa berbuat macam-macam karena setiap aktivitas akan diawasi oleh para guru atau pengawas yang ditunjuk oleh pihak pesantren.

Jika dirasa belum mampu menyekolahkan anak ke pesantren. Anda bisa memasukan anak anda pada sekolah sekolah Islam seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu (STDI) atau sekolah yang banyak mengajarkan kurikulum agama.

Di kota kota besar, sekarang ini banyak juga SMP atau SMA yang mengedepankan kurikulum berbasis agama. 

Untuk anda yang sedang mencari informasi seputar SMA Islam terbaik anda bisa mencarinya di google dengan mengetikan kata kunci Seperti misalnya SMA Islam terbaik di Bandung. Disana nanti akan banyak rekomendasi sekolah yang bisa anda pertimbangkan.

  • Mendalami Ilmu Agama dan Ilmu Dunia

Di pesantren anak anda akan diajarkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Agama dan juga ilmu dunia. Pada beberapa pesantren modern bahkan mewajibkan santri santrinya untuk menguasai bahasa asing, seperti Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Ilmu dunia itu penting tapi apalah artinya jika tidak dibarengi ilmu agama. Dengan menguasai agama setidaknya anak nanti bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah sehingga mereka tidak terjerumus pada hal hal yang membawa petaka. Baik bagi dirinya sendiri ataupun keluarga.

  • Memiliki Teman Orang-Orang Shaleh

Pesantren adalah kumpulan orang-orang yang baik, meskipun tidak menutup kemungkinan ada saja santri santri yang mbandel. Dengan memiliki teman teman yang soleh diharapkan anak kita juga ikut menjadi soleh.

Mungkin anda pernah mendengar nasehat ini “Bergaulah dengan tukang minyak wangi, karena sedikit banyaknya kita nanti kecipratan wangi”. Demikian juga dengan lingkungan pesantren. Dengan bergaul dengan orang baik, InsyaAllah anak kita juga akan ikut baik akhlaknya.

  • Menjadi Syafaat di Akhirat untuk Orang Tua

Banyak ayat-ayat atau hadits yang menerangkan keutamaan anak yang shaleh. Diantaranya adalah hadits tentang 3 amalan yang tidak terputus yang salah satunya adalah do’a anak yang shaleh. Ada juga keutamaan anak yang menjadi Hafidz dsb.

Dengan masuk pesantren kita berharap itu menjadi pahala untuk kita dan nantinya bisa mendatangkan kebaikan setelah anda tiada. Anda juga perlu memasukan anak anda ke pesantren dengan harapan di hari akhirat kelak anak-anak anda tidak menjadi beban di timbangan hisab.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *